Senin, Juli 15

Hukum menjawab surat – Apakah menjawab salam dalam teks pesan seperti SMS dan WhatsApp wajib?

Mungkin pernah terlintas di pikiran kita, apa hukum menjawab salam dalam pesan teks seperti SMS dan WhatsApp dan lain sebagainya? Apakah wajib sebagaimana saat orang secara langsung bertatap muka mengucap salam maka kita wajib menjawabnya?

Pendapat Ayatullah Ali Khamenei

Tanya: Dalam kitab Al-Kafi dalam sebuah hadis dari Imam Shadiq as disebutkan: “Menjawab surat adalah wajib seperti wajibnya menjawab salam.” Apakah berdasarkan hadis ini menjawab/membalas surat itu wajib?

Jawab: Berdasarkan Ihtiath (berhati-hatinya), wajib dibalas/dijawab.

Pendapat Ayatullah Makarim Syirazi

Tanya: Apakah menjawab salam di media internet itu perlu? Apakah ada syarat atau pembahasan tertentu terkait ini? Karena sebagaimana kita tahu banyak grup medsos banyak sekali yang mengucap salam.

Jawab: Jika yang mengucap salam memiliki niat bersungguh-sungguh, maka sekedar sekiranya cukup dan tidak merepotkan, hendaknya dijawab.

Tanya: Dalam hadis-hadis disebutkan bahwa menjawab atau membalas surat itu wajib sebagaimana wajibnya menjawab salam. Lalu di jaman ini bagaimana dengan menjawab pesan pendek (seperti SMS dan WhatsApp)? Yakni kalau ada pesan berisi salam apakah wajib dijawab?

Jawab: Jika sekiranya pengucap salam tidak bermaksud menganggu, salam harus dijawab; kecuali terbukti bahwa dia tidak serius dalam menyampaikan salamnya.

Sumber: TasnimNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

72 − 70 =