Dalam hadits Kisa’ ada empat orang dari keluarga nabi yang telah disucikan dari dosa dan itu menjadi dalil kemaksuman mereka. Namun mengapa kami tidak menemukan dalil kemaksuman Imam-Imam lainnya?
Jawaban:
Pertama, bukan hadits Kisa yang telah mensucikan mereka dari dosa, namun ayat Tathir. Mengenai ayat Tathir ini turun untuk empat orang tersebut, tidak bisa diragukan lagi kebenarannya; karena banyak sekali hadits-hadits mutawatir yang berkenaan dengannya.
Kedua, kemaksuman Imam-Imam lainnya telah ditetapkan oleh Imam-Imam sebelum mereka. Setiap Imam menekankan keImaman Imam setelahnya. Karena ia sendiri maksum, secara otomatis sikapnya juga menunjukkan pernyataan tentang kemaksuman Imam setelahnya. Panjang pembahasannya jika kita teruskan. Misalnya jika kita melihat ayat Ulil Amri, ayat tersebut mengandung isyarah mengenai kemaksuman mereka. Apapun penafsiran anda, kami berkeyakinan bahwa mereka hanyalah 12 manusia yang kami anuti.